wdcfawqafwef

RUKUN SHOLAT

Bismillahirrokhmanirrokhim,rukun sholat ada 13 penjelasannya ada dibawah ini :
1 NIAT,arti niat ada dua :
a. Asal arti niat "menyengaja" sesuatu perbuatan; dengan adanya sengaja ini,perbuatan dinamakan ikhtijari (kemauan sendiri bukan dipaksa).
b. Niat pada syara' (yang menjadi rukun sholat dan ibadah yang yang lain-lain) yaitu : Menyengajag sesuatu perbuatan,karena mengikut perintah ALLOH S.W.T agar supaya mendapat RidhoNYA,inilah yang dinakan ikhlas,maka orang yang sholat hendaklah ia sengaja mengerjakan sholat,karena mengikuti perintah ALLOH semata agar mendapat RidhoNYA,begitu juga ibadah yang lain. Firman ALLOH S.W.T :
"Dan mereka tidak disuruh melainkan supaya menyembah ALLOH S.W.T serta dengan ikhlas beragagma kepadaNYA,(beribadah menurut perintahNYA)". Al Baiyinah 5.
2. BERDIRI BAGI YANG MAMPU. Adapun bagi yang tidak mampu berdiri dia boleh sholat duduk,kalau tidak mampu duduk maka boleh sholat berbaring,dan kalau tidak mampu berbaring boleh sholat menelentang,kalau tidak mampu yang demikian maka sholatlah dengan bagaimana dia bisa sholat walaupun hanya dengan isyarat. Intinya sholat itu tidak boleh ditinggalkan selama masih hidup,kecuali ada udzur (halangan),itupun sholatnya tetap harus dikerjakan dilain waktu jika sudah tidak berhalangan. Sabda Nabi s.a.w :
"Barang siapa sholat berdiri mendapat fahala yang sempurna,barang siapa sembahyang duduk mendapat seperdua fahala orang yang sholat berdiri,barang siapa sholat tidur mendapat ganjaran seperdua dari orang yang sholat duduk". Riwayat Bukhori.
3. TAKBIRATUL IKHRAM,(membaca "Allohu Akbar). Sabda nabi :
"Kunci sholat itu wudhu',permulaannya takbir,dan penghabisannya salam". Riwayat Abu daud dan Tirmidzi.
4. MEMBACA SURAT AL-FATIKHAH. Sabda Rosululloh s.a.w :
"Tiadalah sholat bagi seseorang yang tidak membaca surat Al Fatikhah". Riwayat Bukhori.

5. RUKU' SERTA TUMA'NINAH (berhenti sebentar lamanya kira-kira orang membaca "SUBKHANALLOH"). Sabda Nabi s.a.w :
"Kemudian ruku'lah engkau hingga engkau berhenti seketika". Riwayat Bukhori dan Muslim.
Adapun ruku' itu sekurang-kurangnya bagi orang yang sholat berdiri,menunduk kira-kira dua tapak tangannya sampai ke lutu,sebaiknya,hendaklah menduk betul-betul sampai datar (lurus) tulang punggung dengan lehernya (=90 derajat),serta meletakkan dua tapak tangan ke lutut. Sekurang-kurangnya ruku' untuk orang yang sholat duduk,hendaklah sampai bertentangan mukanya dengan lututnya,sebaiknya bertentangan mukanya dengan tempat sujud.
6. I'TIDAL SERTA TUMA'NINAH. Artinya berdiri betul kembali seperti pada ketika membaca Al Fatikhah.
7. SUJUD DUA KALI SERTA TUMA'NINAH. Sekurang-kurang sujud meletakkan dahi ketempat sujud. Sebagian Ulama mengatakan,wajib sujud dengan tujuh anggauta,dahi dan hidung,dua tapak tangan,dua lutut dan ujung jari kedua kaki. Keadaan sujud hendaklah menungkit,berarti pinggul lebih tinggi dari pada kepala.
8. DUDUK DI ANTARA DUA SUJUD DAN TUMA'NINAH DI ANTARANYA.
9. DUDUK AKHIR. Untuk tasyahud akhir dan sholawat atas Nabi s.a.w dan atas keluarga beliau; keterangan amal Rosululloh s.a.w (beliau selalu duduk ketila membaca tasyahud dan sholawat).
10. MEMBACA TASYAHUD AKHIR. Bacaanya yaitu :
"Attakhiyyatul-mubarokatussholawatu thoyyibatu lillah,assalamu 'alaika aiyyuhannabiyyu warokhmatullohi wabarokatuh,assalamu'alaina wa'ala'ibadillahissolikhin,asyhadu-an-la-ilahailalloh wa-asyhadu-anna Muhammadarrosululloh".

11. MEMBACA SHOLAWAT ATAS NABI MUHAMMAD s.a.w.
12. MEMBERI SALAM PERTAMA (waktu menoleh kekanan).
13. MENERTIBKAN RUKUN. Artinya meletakkan tiap-tiap rukun pada tempatnya menurut susunan tersebut diatas. Al Khamdulillah,semoga bermanfaat dan semoga ALLOH S.W.T menerima semua amal ibadah kita dan mengampuni semua dosa-dosa kita Amin ya robbal 'alamin.